Mari bagikan!

Anak merupakah amanah sekaligus ujian dari Allah. Hal itu disampaikan oleh Luluk Humaidah dalam Kajian Parenting Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Surabaya. Setiap sebulan sekali PC IMM Surabaya mengadakan kajian parenting di Kampung Binaan Stren Kali Jagir Wonokromo. “Kajian ini merupakan bentuk perhatian kita kepada ibu-ibu di daerah Jagir yang kurang perhatian dalam pendidikan anak”, tutur Nailis Samahah, Sekretaris Bidang Tablig dan Pengkajian Islam PC IMM Kota Surabaya.

Luluk Humaidah menyampaikan bahwa anak merupakan peniru yang ulung dan membutuhkan teladan yang baik (uswatun hasanah). Oleh karena itu orang tua harus melakukan yang terbaik karena pasti akan ditiru oleh anak-anaknya.

Dalam kajian parenting edisi Februari tersebut ada 10 poin yang harus diajarkan orang tua pada anak. Yang pertama adalah mengajarkan ilmu tauhid. “termasuk doa hendak berhubungan. Bisa dibilang ini adalah pelajaran ketika anak berusia 0 tahun”, papar Luluk Humaidah, yang aktif di Pimpinan Daerah Aisyiyah Surabaya sebagai ketua Majlis Kesejahteraan Sosial.

Menurut Luluk Humaidah, poin kedua pendidikan dari orang tua kepada anak adalah memberikan nama yang Islami. Ketiga, menyelenggarakan aqiqoh pada hari ke-7 kelahiran anak. Keempat, mengajarkan sopan santun. Kelima, mengajarkan sikap sederhana. Keenam, mengajarkan menabng untuk diinfakkan di jalan Allah. Ketujuh, orang tua harus bersikap adil terhadap semua anak. Kedelapan, orang tua harus menyayangi dengan sepenuh hati. Kesembilan, orang tua harus bersikap baik dan memberikan teladan yang baik. Kesepuluh, bersiaga menjaga anak. “Poin kesebelas adalah orang tua harus selalu mendoakan dan keduabelas orang tua harus menjauhkan anak dari perhiasan dunia”, ucapnya.

Luluk Humaidah menyampaikan tiga amalan yang tak terputus pahalanya meskipun telah meninggal adalah shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak sholeh. “bagaimana agar doa anak kita menjadi amal jariyah kita? Maka kita harus mendidiknya menjadi anak sholeh”, tandas Luluk Humaidah.

 

Oleh : Nailis Samahah (Sekbid Tabligh dan Pengkajian Islam PC IMM Kota Surabaya)
Editor : Dwi Putri M. S.