Mari bagikan!

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Achilles UMSurabaya, turun kemasyarakat sekitar kampus UMSurabaya menggelar aksi peduli untuk mencegah “Novel Corona Virus” atau Virus Corona yang membuat masyarakat sekitar menjadi resah (31/01/2020).

 

Saiful Anam selaku ketua umum IMM Achilles UMSurabaya menerangkan bahwa aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa kepada masyarakat sekitar untuk mencegah tertularnya virus tersebut. Dalam aksi ini sekumpulan mahasiswa memberi edukasi mengenai pengetahuan tentang apa itu virus corona, gejala-gejala dan cara pencegahan tertularnya virus corona tersebut dengan membagikan selebaran pamflet yang telah disiapkan. Selain itu, mahasiswa juga mengajari masyarakat bagaimana cara menggunakan masker yang tepat, dan mencuci tangan yang baik serta menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat, terang immawati Silvi salah satu massa aksi.

Dokumentasi saat melakukan aksi

 

“Penyebaran Virus Corona sendiri sangat begitu cepat. Terdapat ratusan orang di China yang meninggal dunia akibat virus ini. Maka kami mahasiswa kesehatan bergerak untuk memberi edukasi kepada masyarakat Surabaya untuk mengenali dan tidak cemas akan virus ini,” terang Saiful.

Dokumentasi saat aksi turun kemasyarakat

Dokumentasi saat aksi kemasyarakat

 

Menurut immawati silvi saat diwawancarai “Masyarakat sendiri tidak perlu cemas dan takut tentang Virus Corona. Sebaliknya, masyarakat perlu meningkatkan pengetahuan misalnya, mengetahui cara penularan virus, gejala umum virus ini adalah demam, batuk dan sesak nafas,” tuturnya. Sementara untuk pencegahannya, yakni mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menggunakan masker bila batuk ataupun pilek, menghindari makanan daging mentah atau mengonsumsi hewan liar dan yang terpenting rajin olahraga dan istirahat yang cukup. Yuk cegah sebelum mengobati !  pesannya. (read)